Halaman

Fasilitas pada Toolbox yang Jarang Digunakan

Pada Toolbox CorelDraw terdapat banyak fasilitas yang ditawarkan. Namun, diantara banyak tool itu ada beberapa yang jarang digunakan. Saya akan menguraikan beberapa diantara mereka.

1. Smudge Brush

Sebenarnya alat ini memiliki kemampuan unik, berupa membuat objek abstrak. Yang biasanya hanya digunakan pada pembuatan gambar / lukisan abstrak. Tehnik ini memang jarang digunakan karena biasanay disainer menggunakan sketsa dari gambar tangan. Hanya beberapa objeksaja yang dapat memanfaatkan Tool ini, salah satunya adalah bekas air atau cat yang saya contohkan seperti dibawah.








2. Roughen Brush

Tool ini berkemampuan merubah sebuah onjek garis lurus menjadi garis zig-zag.


3. Transform

Alat ini berkemampuan untuk merotasi sebuah objek dengan titik tumpu yang fleksibel. Temtunya benyak pulihan lain yang dapat digunakan untuk merotasi sebuah benda, ini menyebabkan tool ini jarang digunakan

Ini adalah objek yang dirotasi menurut titik tumpu(yang bertanda merah)

4. Knife

Seseuai dengan namanya, tool ini digunakan untuk memotong suatu objek. Namun kekurangan dari alat ini adalah tidak dapat memotong objek yang sedikit kompleks. Maka kita lebih sering menggunakan alternatif lain.
 

Terlihat pada gambar diatas, alat Knife tidak dapat memotong dua objek sekaligus.




5. Eraser
Kekurangan alat ini adalah kurang tepat sasaran dalam menghilangkan suatu objek. Kita lebih sering menggunakan Delete maupun Cut.

6. Virtual Segment Delete
Sebenarnya alat ini cukup praktis untuk menghilangkan objek, kita tinggal mengeklik suatu outline dari sebuah objek untuk menghilangkanya. Namun untuk saat ini sudah banyak alternatif lain seperti tombol Del pada keyboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar